Bimtek Untuk Pantarlih Pemilu 2019 Kelurahan Wates Digelar

Senin, 16 April 2018 15:46:52 - Oleh : Kelurahan Wates
Bimtek Pantarlih Pemilu 2019  

Menghadapi Pemilihan Umum 2019, maka tahapan awal yang akan segera dilalui adalah Pemutakhiran Data dan Penyusunan Daftar Pemilih yang dilakukan oleh Panitia Pendaftaran Pemilih (Pantarlih). Untuk Pemilu 2019 sendiri, di wilayah Kelurahan Wates terdapat 41 TPS dengan ketentuan jumlah pemilih di setiap TPS maksimal 300 orang pemilih.

Acara Bimtek Pantarlih Pemilu 2019 untuk Kelurahan Wates digelar pada hari Ahad malam Senin (15/04) dengan mengundang 41 Petugas Pantarlih, serta dihadiri oleh Ketua KPU Kabupaten Kulon Progo, Muh Isnaini, S.T.P., PPK Kecamatan Wates, Panwas Kecamatan Wates, PPS Kelurahan Wates serta Panwas Kelurahan Wates. Acara juga dihadiri oleh Lurah Wates, Bhabinkamtibmas dan Babinsa.

Acara diawali dengan menyanyikan Lagu Kebangsaan Indonesia Raya, dilanjutkan dengan pembacaan Surat Keputusan pembentukan Pantarlih Kelurahan Wates, serta pembacaan Pakta Integritas yang diikuti oleh seluruh Pantarlih.

Dalam sambutannya, Lurah Wates menyampaikan ucapan terima kasih kepada seluruh Pantarlih yang telah bersedia berpartisipasi dalam proses Pemilu. Meskipun sebagian Pantarlih telah berpengalaman melaksanakan tugas seperti ini, namun agar tetap mengikuti bimtek dengan seksama sehingga dapat melaksanakan tugas dengan lancar.

Memasuki sesi pertama, penyampaian materi Pendaftaran Pemilih oleh Pantarlih (Buku Kerja pantarlih) dilakukan oleh Ketua PPS Kelurahan Wates, Kusmini, yang menyampaikan beberapa form dan teknis pemutakhiran data pemilih. Beberapa item logistik sebagai alat kerja bagi Pantarlih juga telah didistribusikan dalam acara bimtek ini.

Sementara sesi kedua tentang Pengawasan dalam Tahapan Mutarlih diisi oleh Panwas Kelurahan Wates, Triyono Edy Nugroho, yang menyampaikan beberapa garis besar pengawasan dalam Pemilu. Pada prinsipnya, Bawaslu beserta jajarannya dan organ pengawasan ke bawah merupakan bagian dari penyelenggara pemilu. Bimtek bagi Pantarlih harus diikuti oleh seluruh Petugas Pantarlih sehingga benar-benar paham  terhadap tugas yang dikerjakan.

Untuk memberikan gambaran yang lebih jelas dalam tugas mutarlih, maka dilakukan simulasi coklit (pencocokan dan penelitian) serta RTL pada sesi ketiga, yang dipraktikkan oleh beberapa Petugas Pantarlih. Dalam simulasi ini juga sekaligus memberikan kesempatan kepada peserta bimtek untuk menyampaikan pertanyaan atau hal-hal yang kurang jelas mengenai teknis mutarlih.

Ketua KPU Kabupaten Kulon Progo, Muh Isnaini, S.T.P. dalam kesempatan ini menyampaikan beberapa antara lain, bahwa proses mutarlih dari pemilu ke pemilu mengalami pengembangan dan penyempurnaan yang semakin rigid. Pada prinsipnya mutarlih merupakan proses untuk memasukkan warga yang mempunyai hak pilih dan mencoret warga yang tidak mempunyai hak pilih. Proses mutarlih sangat menentukan kualitas pemilu, sehingga diharapkan Petugas Pantarlih dapat bekerja dengan sebaik-baiknya sesuai SOP.

Apabila masih terdapat hal-hal yang belum jelas atau terdapat kendala yang akan ditemui di lapangan, PPS Kelurahan Wates siap untuk melakukan koordinasi lebih lanjut dengan Petugas Pantarlih. Pelaksanaan mutarlih sendiri akan dilakukan selama 1 bulan, yaitu dari 17 April sampai dengan 16 Mei 2018, yang akan diawali dengan Apel Pantarlih di Balai Kelurahan Wates dilanjutkan dengan coklit hari pertama.  

« Kembali | Kirim | Versi cetak